Tentang Udang Vaname Yang Perlu Anda Ketahui.

 SeputarTambak -  Udang Vaname (Lithopenaeus vannamei) merupakan jenis udang introduksi dari Amerika Selatan yang banyak dibudidayakan di Indonesia sejak akhir 90-an untuk menggantikan udang windu (Penaeus monodon) yang sudah sulit dibudidayakan karena serangan virus White spot. 

Tentang udang vaname
Image by: http://www.djpb.kkp.go.id
Keunggulan Udang Vaname dibandingkan udang lainnya :
  1. Responsif terhadap pakan dengan kadar protein 25 - 30% (lebih rendah dari udang windu)
  2. Kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan suhu rendah, Adaptasi terhadap perubahan salinitas (khususnya pada salinitas tinggi)
  3. Laju pertumbuhan yang relatif cepat pada bulan I dan II Angka kehidupan (survival rate/SR) hidup tinggi.
  4. Dapat ditebar dengan kepadatan tinggi karena hidupnya mengisi kolom air bukan di dasar saja. Serapan pasar luas, mulai dari ukuran 10 hingga 25 gram per ekor.
Udang vaname saat ini banyak dibudidayakan di Sumater Utara, Lampung, Bengkulu, Banten, Pantai Utara Jawa Barat, Pantai utara dan selatan Jawa Timur, Pantai Utara dan selatan Jawa Tengah, DIY, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur.
Jenis tambak yang digunakan juga bervariasi, ada yang masih berupa tanah, kolam semen dan kolam bak dan tambak ditutup dengan mulsa. 
Harga udang vaname saat ini cukup stabil, khususnya jika sudah mencapai size (jumlah udang per kg) di bawah 60. Harga di Indonesia sangat dipengaruhi kondisi global karena udang vaname hasil pertambakan Indonesia lebih banyak yang dieksport.
Previous
Next Post »