Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Ikan Bandeng

Seputar Ikan Bandeng


SeputarTambak - Menurut Wikipedia, Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish)

Mereka hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadangkala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan muda disebut nener (IPA : nənər ) dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah cukup besar (biasanya sekitar 25-30 cm) bandeng dijual segar atau beku. Bandeng diolah dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap.

Bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa daging netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Dari sisi harga, bandeng termasuk ikan kelas menengah ke atas. Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, hidangan bandeng menjadi bagian tradisi wajib bagi warga Tionghoa asli Jakarta dan sekitarnya. Kelemahan bandeng ada dua: dagingnya 'berduri' dan kadang-kadang berbau 'lumpur'/'tanah'.

Duri bandeng

Duri bandeng sebenarnya adalah tulang. Duri ini mengganggu kenikmatan dalam memakan dagingnya. Gangguan ini dapat diatasi dengan penggunaan panci bertekanan tinggi (presto atau autoklaf) dalam waktu tertentu, sehingga duri ini menjadi lunak dan dapat dihancurkan jika dikunyah.

Bau lumpur
Bau lumpur pada bandeng banyak dialami pada bandeng yang diambil dari tambak. Bandeng yang dipelihara di karamba jarang yang berbau. Penyebab gejala bau lumpur adalah beberapa Cyanobacteria, terutama dari genus Oscillatoria, Symloca, dan Lyngbia, yang menghasilkan geosmin. Apabila ikan tinggal di tempat yang kaya geosmin atau memakan plankton ini, dagingnya akan memiliki cita rasa tanah.

Bau lumpur dapat diatasi paling tidak dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan memelihara ikan selama 7—14 hari dalam air mengalir bebas biosmin sebelum dijual. Cara kedua adalah dengan perlakuan pemberian asam tertentu.

Ikan bandeng juga merupakan salah satu jenis ikan yang punya rasa enak dan tiada duanya karena rasanya yang spesifik dari ikan lainnya.
Salah satu zat gizi yang terkandung dari bandeng adalah kandungan omega-3 yang sebesar 14,2%.

Kandungan ini melebihi kandungan omega-3 dari ikan salmon (2,6%), ikan tuna (0,2%) bahkan lebih tnggi dari kandungan ikan sarden (3,9%). Bandeng adalah salah satu sumber pangan yang sangat bergizi dan sangat direkomendasikan untuk dijadikan sumber gizi karena mempunyai kandungan protein tinggi (20,38%).
Ikan bandeng juga mengandung:

  • energi sebesar 129 kilokalori, 
  • protein 20 gram,  
  • karbohidrat 0 gram,  
  • lemak 4,8 gram,  
  • kalsium 20 miligram,  
  • fosfor 150 miligram, dan  
  • zat besi 2 miligram.

Selain itu, Ikan bandeng juga banyak mengandung vitamin A yaitu sebanyak 150 IU, vitamin B1 sebanyak 0,05 miligram dan vitamin C hanya 0 miligram.  
 

Posting Komentar untuk "Seputar Ikan Bandeng"